Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Membangun Usaha Hingga Sukses

Bagaimana Membangun Usaha Hingga Sukses

Semua orang ingin meraih sukses, meskipun artikulasi makna dari kesuksesan itu tidak sama pada pandangan setiap orang. 

Siapa saja berhak menentukan makna suskes atau tingkatan sukses menurut pemikirannya, namun sejatinya secara umum sukses itu dimaknai dengan seseorang yang sudah mencapai hasil dari impiannya, mapan dalam hidupnya dan tidak memiliki sangkutan hutang kepada orang lain. 

Jika kamu memaknai kesuksesan itu dengan kepemilikan harta kekayaan atau hidup dengan gelimang harta berlimpah maka orang-orang yang sudah kaya dari keturunannya juga akan kamu anggap sukses.

Sejatinya tidak demikian, sesuatu yang kamu perjuangkan dan yang kamu upayakan dengan kerja keras dengan penuh ketekunan hingga menuai hasil, itulah kesuksesan yang nyata.

Bagaimana Membangun Usaha Hingga Sukses.?

Jika kita melirik tokoh-tokoh atau publik figur yang telah diakui atau dinyatakan sukses dalam kehidupannya, dapat dipastikan bahwa mereka semua menapaki perjuangan dalam perjalanan hidup dan karirnya serta berhadapan dengan berbagai tantangan, artinya mereka bekerja keras hingga dapat meraih keberhasilan.

Begitu juga dengan kamu, jika bertekad menggapai keberhasilan, ingin meraih sukses maka kamu harus bersiap diri untuk berjuang.

Bagaimana Caranya.?

Baca dan pahami artikel ini sampai tuntas

1. Kenali Potensi Pada Dirimu

Sejatinya, setiap manusia dianugrahi kemampuan tertentu atau memiliki bakat yang melekat pada dirinya, termasuk dirimu sendiri. Kamu harus mengenali potensi apa yang kamu kuasai dan kamu suka dengan hal itu.

Ini sangat penting dan menjadi dasar pemikiran untuk melangkah kearah yang tepat, jika saja kamu menggeluti suatu bidang dengan hasrat besar untuk mencapai keberhasilan sementara kamu sendiri tidak menyukai atau tidak berbakat melakukannya maka kamu akan berhadapan dengan permasalahan tekanan batin secara terus menerus.

Hal ini bisa saja terjadi kepada siapapun, mungkin juga dengan kamu. Dengan melihat teman atau kerabat yang berhasil meraih pundi-pundi rupiah setiap hari dari usaha jual beli, secara spontan kamu berkeinginan seperti itu tiba-tiba ingi membangun usaha jual beli sementara kamu sendiri tidak berbakat dalam bidang perdagangan dan sama sekali tidak punya wawasan.

Namun, jika ternyata kamu punya bakat dan bertekad mempelajari mekanisme atau strategi jitu dalam berdagang maka kamu sudah berada ditahap dasar untuk meraih sukses.

2. Kembangkan Bakatmu

Pada tahap ini, kamu harus menyadari bahwa bakatmu tidak akan berkembang jika tidak diasah, seorang vokalis handal sekalipun berjuang keras berlatih untuk membuat suaranya lebih berseni meskipun dasarnya ia sudah memiliki suara yang baik untuk melantunkan syair lagu.

Begitu juga dengan pemain bola profesional, merekapun terus berlatih untuk mengasah kemampuannya dalam bereksistensi dilapangan.

Saat kamu ingin membangun usaha, maka dalamilah ilmunya, seperti usaha perdagangan setidaknya kamu memiliki wawasan terhadap pemasaran barang, jenis produk, pengolahan, hingga pelayanan konsumen dan lain sebagainya.

3. Bangun Jaringan (pasar)

Pada tahap ketiga ini, belum ada bahasan modal dalam membangun usaha, kamu harus memastikan jaringan pasar artinya kamu memiliki marketplace dari dirimu sendiri.

Hal ini berhubungan dengan integritas dirimu. Apa yang terfikirkan orang lain terhadap dirimu atau saat namamu disebutkan dihadapan teman-temanmu, apa yang mereka fikirkan tentang dirimu.

Jika saja kamu memiliki koneksi baik dengan banyak orang maka kamu akan mendapatkan kepercayaan sehingga usaha apapun yang akan kamu bangun akan mendapatkan dukungan (support) dari orang-orang sekitarmu.

Merekalah yang akan menjadi pasar bagi usahamu, namun sebaliknya jika kamu tidak memiliki hubungan baik atau cenderung menutup diri alias tidak bersosial maka kamu perjalananmu dalam membangun usaha dari nol akan semakin sulit

4. Modal

Ini sangat berhubungan dengan point sebelumnya, setiap membangun usaha tentu kamu membutuhkan modal awal. Modal itu akan mudah kamu dapatkan jika kamu memiliki koneksi baik dengan hubungan sosial dari banyak orang.

Orang yang sudah mempercayaimu dan mengenal kepribadianmu mereka tidak akan sungkan memberikanmu modal dalam membangun usaha.

Satu pemikiran atau mindset yang salah dalam membangun usaha adalah melakukan tindakan berhutang dengan Bank, kamu berharap dapat menutup setoran dengan usaha yang belum jelas hasilnya maka kamu akan hancur lebur.

Sebenarnya tidak menjadi masalah bagi sebagian orang, karena tidak sedikit pengusaha suskses yang mampu meraup keuntungan besar dari usahanya dengan modal dari pinjaman Bank, namun patut kamu perhatikan dari landasan hukum dan kemampuan untuk memenuhi syarat yang ditetapkan.

Lebih baik kamu meminjam modal dari orangtua, keluarga atau orang terdekatmu, sembari meminta dukungan dan doa dari mereka, hal itu jauh lebih baik.

5. Lakukan

Sudah punya bakat, punya ilmu dan wawasan, punya modal walau sedikit maka mulailah usahamu dengan tekun dan penuh kehati-hatian, artinya kamu sudah memiliki planning dan menjalankan usaha secara terorganisir.

Jangan hanya sekedar bermimpi atau berandai-andai tanpa melakukan pergerakan, selama kamu berada dalam zona itu maka selama itu pula kamu begitu-begitu saja.

6. Promosikan Dirimu dan Usahamu

Konsumen akan mendatangimu disaat mereka penasaran atau tertarik dengan dirimu dan usaha yang sedang kamu geluti dan kamu akan mendapatkan pelanggan tetap dan setia jika kamu berhasil memberikan pelayanan yang memuaskan.

Mempormosikan diri dan usaha itu penting, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan hanya mengikuti pola-pola promosi yang sudah dibangun orang lain, namun perlu kamu sepadankan dengan kemampuan dan jenis usahamu.

7. Doa

Apapun hasil yang dilakukan manusia, berhasil atau tidaknya kembali pada hak ketetepan Allah Swt, karenanya kampun harus memperbaiki hubungan dengan tuhanmu dari tanggung jawab dan kewajibanmu sebagai sebagai seorang hamba yang beriman.

Teruslah berdoa untuk kebaikan dan keberhasilan usahamu, serta mintalah petunjuk agar usahamu terus berkembang.

8. Jangan Berhenti

Keberhasilan dan kegagalan akan terjadi kepada siapa saja dalam berusaha, jika ternyata kamu mendapati kegagalan maka berusahalah untuk tetap tenang dan tidak panik.

Kegagalan dalam usaha dan bisnis itu hal yang biasa, yang perlu kamu sadari bahwa tidak ada kegalalan yang sia-sia, dengan itu kamu dapat mengevaluasi diri dari memahami kesalahan atau kekeliruan yang terjadi dalam membangun usahamu.

Begitu banyak pengusaha-pengusaha besar yang dulunya mereka kerap terjatuh dalam kegagalan namun mereka terus bangkit memperbaiki kesalahan.

Kamu harus terus bangkit dan jangan berhenti untuk terus bekerja keras dalam membangun dan mengembangkan usahamu.

Kesimpulan

Membangun usaha hingga sukses dapat kamu lakukan, jika itu impianmu maka persiapkanlah dirimu dan terus melangkah untuk mencapai itu.

Jika kamu hanya berandai-andai tanpa melakukan apapun, maka kubur saja impianmu itu karena impian yang tak kunjung diusahakan untuk dimulai maka itu akan menyiksa jiwamu, menganggu pemikiranmu dari bangun tidur sampai menjelang tidurmu.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Membangun Usaha Hingga Sukses"