Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Pengertian Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Pramuka Penggalang - Lomba Tingkat atau yang biasa disingkat dengan LT adalah pertemuan Pramuka tingkat penggalang dalam bentuk perlombaan. Dalam sekolah formal, masih banyak mabigus, pihak sekolah (kepala sekolah) yang belum paham dan tidak mengetahui seputar LT Pramuka, setiap undangan edaran dari kwarcab selalu bertanya-tanya apa sih itu LT.

Lomba Tingkat itulah kepanjangan dari LT, kegiatan ini dikhususkan untuk pramuka tingkat penggalang, didalamnya terdapat perlombaan antar regu. Lomba Tingkat ini memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

Tahapan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

1. LT 1 = Perlombaan yang dilaksanakan di gugus depan atau tingkat gugus depan, biasanya diselenggarakan oleh sekolah SMP atau MTs, Perlombaan ini diikuti seluruh regu di gugus depan.

2. LT 2 = Adapun LT 2 adalah kegiatan perlombaan yang diselenggarakan tingkat ranting/ Kwartir Ranting (kecamatan) diikuti regu-regu perwakilan gugus depan.

3. LT 3 = Perlombaan tingkat Kwartir Cabang (Kabupaten) pesertanya adalah perwakilan dari Kwartir Ranting.

4. LT 4 = Perlombaan tingkat Kwartir Daerah (Kwarda)

5. LT 5 = Perlombaan Tingkat Nasional (Kwarnas)

Materi Utama Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Adapun Materi dalam Lomba Tingkat dibagi menjadi empat bidang kegiatan yaitu :

1.Bidang Agama, Mental, Spiritual dan Pembentukan Watak, ini meliputi penguasan pada aspek Ibadah Siraman Rohani dan juga upacara.

2. Bidang Ketangkasan, Olahraga dan Patriotisme, meliputi penguasaan materi: olahraga, pionering, halang rintang, aneka olah raga permainan berkelompok dan lainnya.

3.Bidang Kesehatan, Keterampilan, seperti; penguasaan materi teknik ketrampilan (komputer, fotografi, memasak) seminar, kebersihan lingkungan, Pengetahuan Kepramukaan, Penjelajahan, sandi, morse, semaphore, dan lainnya.

4. Bidang Seni dan Budaya, seperti; meliputi penguasaan :hasta karya dan kerajinan tangan, Pentas Seni, Api Unggun, Peragaan busana dan Gebyar Budaya.

Sistem Kejuaraan Lomba Tingkat Pramuka Penggalang

Adapun sistem kejuaraan dalam Lomaba Tingkat adalah : setiap jenis kegiatan hanya diambil tiga regu putra dan tiga regu putri yang terbaik sebagai pemenang (peraih) tergiat I, tergiat II dan tergiat III. Regu yang meraih penilaian emas terbanyak akan ditetapkan sebagai Regu Tergiat Umum. Maka Regu inilah yang sah menjadi juara umum.

Jika anda seorang pembina yang mampu mengkader, membina anggota pramuka mampu bersaing sampai ke jenjang LT5, sungguh itu merupakan sebuah pencapaian yang luar biasa, tentunya untuk sampai ke tahap itu, hanya peserta yang giat dan terampil yang mampu. 

Itulah pembahasan seputar Pengertian LT (Lomba Tingkat) Pramuka Penggalang, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Lomba Tingkat Pramuka Penggalang"